Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 1

Kali ini Saya akan Menjawab Pertanyaan dari buku Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 Jawaban saya peroleh dari hasil diskusi, Jawaban akan d...

Kali ini Saya akan Menjawab Pertanyaan dari buku Sejarah Indonesia Kurikulum 2013
Jawaban saya peroleh dari hasil diskusi, Jawaban akan diupdate tiap diskusi selesai.
Langsung Saja

Hal 50
Mencermati beberapa ketentuan yang tertulis, peratuan Tanam Paksa itu memang tidak begitu memberatkan rakyat. Tetapi bagaimana pelaksanaannya di lapangan? Coba lakukan penilaian secara kritis dan diskusikan dengan anggota kelompokmu, bagaimana realisasi dan pelaksanaan Tanam Paksa, yang dikatakan banyak penyelewengan itu. 
*Realisasinya berjalan dengan baik, terbukti tanam paksa yang pernah dijalankan hasilnya banyak membantu belanda dalam pembangunan negaranya, namun banyak penyelewengan :
1. Tanah yang dipakai untuk tanam paksa ketentuannya hanya 1/5 bagian
2. Tanah yang dipakai tetap kena pajak

Hal 51
Nah, kamu sudah belajar tentang sejarah Tanam Paksa. Kamu juga mengetahui berbagai macam jenis tanaman yang dikembangkan pada masa Tanam Paksa. Apakah jenis tanaman di masa Tanam Paksa tersebut pada masa sekarang masih ada yang menjadi komoditas primadona pertanian dan perkebunan di Indonesia? Coba kamu cari komoditas Tanam Paksa tersebut yang saat ini masih menjadi andalan ekspor Indonesia. Carilah data negara mana saja yang menjadi tujuan ekspor komoditas tersebut!
*Masih ada, yaitu tanaman kopi, Tujuan ekspor tanaman kopi itu biasanya di kawasan Eropa dan Asia seperti Inggris

Hal 52
Mengapa kaum konservatif dan pegawai pemerintah mendukung dilanjutkannya Tanam Paksa sementara kaum liberal menolak Tanam Paksa? Coba lakukan telaah kritis tentang hal itu !
*Kaum konservatif dan pegawai pemerintah mendukung dilanjutkannya Tanam paksa karena tanam paksa telah mendatangkan banyak keuntungan dan memang telah memperbaiki perekonomian Belanda. Begitu juga para pemegang saham perusahaan NHM karena mendapat hak monopoli hasil tanam paksa dari Hindia Belanda ke Eropa. Sementara kaum liberal menolak tanam paksa karena kasihan pada penderitaan pribumi. Kegiatan ekonomi sebaiknya di serahkan pada swasta. Tahun 1850 Pemerintah mulai bimbang apalagi kaum liberal menang secara sepihak di Parlemen. Akibatnya penolakan tanam paksa menjadi pendapat umum dan akhirnya terhapus lah tanam paksa

Berdasarkan uraian yang ada coba tuliskan apa latar belakang penerapan sistem politik ekonomi liberal. Bagaimana pelaksanaannya?
*Latar belakang penerapan sistem politik ekonomi liberal :
1. Pelaksanaan sistem tanam paksa telah menimbulkan penderitaan rakyar pribumu
2. Berkembangnya paham liberalisme sebagai akibat dari Evolusi Perancis dan evolusi industri
3. Kemenangan partai Liberal dalam parlemen Belanda yang mendesak pemerintah Belanda menerapkan sistem Ekonomi Liberal di Negeri jajahannya (Indonesia)
4. Adanya traktat Sumatera pada tahun 1871 yang memberikan kebebasan dari Belanda untuk meluaskan wilayahnya ke Aceh

*Pelaksanaan Sistem Ekonomi Liberal
Sejak tahun 1870 di Indonesia diterapkan Imperialisme modern. Di Indonesia telah diterapkam modal-modal swasta asing seperti Inggris, Amerika Jepang dan Belgia juga masuk ke Indonesia. Modal asung tersebut tertanam pada sektor pertanian dan pertambangan seperti karet, teh, kopi, tembakau, tebu, timah dan minyak

Hal 55
Nah, kamu sudah mempelajari sistem politik ekonomi liberal. Coba bagaimana pelaksanaan politik ekonomi liberal itu di Hindia Belanda, bagaimana dampaknya bagi rakyat? Coba buat komparasi antara pelaksanaan Tanam Paksa dan penerapan ekonomi liberal di Indonesia! Apa penilaianmu terhadap dua model politik penjajahan itu? 
*Pelaksanaan politik ekonomi Liberal di Hindia-Belanda
Pada tahun 1870 di Indonesia dilaksanakan politik liberal atau "Politik Pintu Terbuka" sejak saat itu pemerintah Hindia-Belanda membuka Indonesia bagi penguasa asing untuk menanamkan modalnya. Pelaksanaannya diawali dengan keluarnya II Dewaal yaitu UU Agraria (UU Gula) yang berisi bahwa semua tanah di Indonesia milik pemerintah. Belanda dapat menyewa tanah 50-75 tahun diluar tanah digunakan penduduk

*Dampak politik liberal bagi Rakyat Indonesia
1. Dibangunnya fasilitasperhubungan dan irigasi
2. Rakyat menderita dan miskin
3. Rakyat mengenal sistem upah dan uang, mengenal ekspor dan impor
4. Timbul pedangang perantara
5. Industri pribumi mati karena pekerjaannya pindah menjadi buruh

*Perbandingan pelaksanaan tanam paksa (politik liberal)
1. Diperas oleh pemerintah Belanda
2. Dilaksanakan secara kasar
3. Tujuan untuk mengeksploitasi SDM Indonesia

*Dua model politik penjajagan itu sama sama merugikan rakyat Indonesia

Hal 66
Coba amati gambar di atas dan halaman sebelumnya! • Coba kamu buat beberapa pertanyaan terkait dengan gambar tersebut!
*Pertanyaan : Mengapa angkatan laut pribumi bisa mengimbangi kecanggihn angktan laut penjajah ?
Jawaban : Karena pemahaman orang pribumu tentang kelautan Sangat baik karena Indonesia merupakan daerah perairan

Hal 67
1. Nah, apa kamu tahu siapa Pangeran Nuku itu? 
2. Mengapa Nuku melancarkan perlawanan terhadap Belanda? 
3. Bagaimana wujud politik devide et impera Belanda dalam memerangi Nuku? 
4. Nuku berjuang tidak sendirian, tetapi keberhasilan Nuku karena kerja sama antarkekuatan masyarakat. Coba tunjukkan kebersamaan yang dibangun Sultan Nuku sehingga berhasil memulihkan kedaulatan Tidore dan sekitarnya

*1. Pangeran Nuku adalah putra ke-2 Sultan Jamaludin, Sultan yang sejak tahun 1781 secara aktif melawan Belanda
2. ketidaksukaan Nuku terhadap campur tangan belanda dalam kerajaan
3. Dengan mengadu domba kerajaan Tidore dan Ternate dan Papua dan Halmahera
4. Dengan menyatukan kekuatan dalam masyarakatnya dengan bantuan penguasa Papua dan Halmahera

Hal 71 
Kamu ingat, apa yang dimaksud dengan Pelayaran Hongi dan bagaimana praktik kebijakan monopoli rempah - rempah oleh VOC di Maluku ?
*  Pelayaran Hongi adalah Pelayaran mengitari Pulau Maluku untuk patroli untuk mengawasi monopoli perdagangan agar penduduk Maluku tidak menjual rempah - rempah ke daerah lain yang bisa dijual dengan harga mahal, sehingga penduduk harus menjual kepada VOC dengan harga yang murah.
* Patroli menggunakan perahu kora - kora. Apabila penduduk ketahuan menjual rempah - rempah ke daerah lain akan ditindak tegas. VOC juga melakukan ekstirpasi yaitu memusnahkan rempah-rempah yang dianggap jumlahnya lebih.

Hal 74
Dengan mempelajari kisah penyerangan pasukan Sultan Agung ke Batavia, coba rumuskan mengapa penyerangan itu menemui kegagalan? Pelajaran apa yang dapat kamu peroleh dengan belajar sejarah penyerangan pasukan Sultan Agung ke Batavia ?
* Kegagalan Sultan Agung mengusir VOC dari Batavia disebabkan oleh :
1. Persediaan makanan tentara Mataram dibakar VOC
2. Pertahanan VOC memang Kuat
3. Musim hujan terlalu cepat datang
4. Penyakit Menular berjangkit
5. Persenjataan Mataram kalah canggih
6. Jarak Mataram ke Batavia terlalu jauh


Nah, bagaimana kisah perlawanan Trunajaya ini. Coba diskusikan dengan anggota kelompok, apa sebab-sebab terjadinya perlawanan, bagaimana prose perlawanan itu, apa akibat setelah perlawanan berakhir ? 
*Pemberontakan dibawah pimpinan Trunajaya, seorang Pangeran dari Madura. Dengan bantuan putra-putra Makasar, Trunajaya dapat menguasai seluruh Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah kemudian ia mendirikan kerajaan di Kediri. Sunan Amangkurat 1 Meminta bantuan Belanda dan Meninggal dalam perjalanan.

Hal 75
Coba rumuskan beberapa alasan mengapa Sultan Ageng Tirtayasa memimpin rakyatnya untuk menyerang VOC
* Alasan Sultan Ageng Tirtayasa memimpin rakyatnya untuk melawan VOC
1. VOC melakukan monopoli perdagangan sehingga rakyarnya mengalami kermunduran
2. VOC sering melakukan blokade kapal yang akan berdagang di Banten
3. VOC berusaha merebut Banten
4. VOC melakukan perjanjian monopoli yang merugikan Banten
5. Sultan Ageng Tirtayasa ingin menjadikan Banten Sebagai Bandar Perdagangan Internasional
6. VOC menghasut anaknya, Sultan Haji untuk merebut kekuasaan Kesultanan Banten

COMMENTS

Nama

Bahasa Inggris,2,Bank Soal,1,geometrik jalan,1,Matematika,1,Sejarah Indonesia,1,sipil,3,Umum,10,UN,1,
ltr
item
Dhamara Ramli: Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 1
Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 1
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgzsI2hXvK9Ng_ySBtoNgLCr2IyZuL-0IFfsxnpP1yDEQn7PpscOu7v6Pv2busCQJ22LXgmIBl-shNglqQwe1Dctfv_1tYar6UFAaz0bu1xN0ZXbUQx7newIxRB-BPCNo-H7FEBXGZjWjJ/s320/ede31bf5a85eacf09d3fac6bcf6e39bc_mzJvYPpviORqlatXp3b.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgzsI2hXvK9Ng_ySBtoNgLCr2IyZuL-0IFfsxnpP1yDEQn7PpscOu7v6Pv2busCQJ22LXgmIBl-shNglqQwe1Dctfv_1tYar6UFAaz0bu1xN0ZXbUQx7newIxRB-BPCNo-H7FEBXGZjWjJ/s72-c/ede31bf5a85eacf09d3fac6bcf6e39bc_mzJvYPpviORqlatXp3b.jpg
Dhamara Ramli
https://dhamarar.blogspot.com/2015/10/jawaban-sejarah-indonesia-kelas-11.html
https://dhamarar.blogspot.com/
https://dhamarar.blogspot.com/
https://dhamarar.blogspot.com/2015/10/jawaban-sejarah-indonesia-kelas-11.html
true
2861870592372806910
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy